Minggu, 12 Oktober 2014

Pilihan Akuntansi

Ketika saya mengambil keputusan untuk mengambil jurusan ini. Dengan segala dukungan dibelakang saya. Awalnya bukan jurusan ini yang saya inginkan, melainkan jurusan manajemen. Saya seorang maba yang perlu banyak belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman terlebih dahulu dari saya. Ketika saya ingin mengambil jurusan manajemen saya minta pendapat dari orang-orang sekitar saya yang lebih berpegalaman dari saya. Mereka bilang bukan manajemen tidak bagus atau tidak baik tetapi akan lebih baik memilih jurusan yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka bilang seperti itu, saya rasa apa yang mereka katakan itu benar. Akhirnya saya pun memilih akuntansi, walaupun sedikit tidak suka dengan jurusan ini. Tapi tidak terlalu berat untuk saya pahami karna di SMA saya pun jurusan ips. Akuntansi itu yang saya ketahui penjurnalan, buku kas, neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan masih banyak lagi. Menurut saya orang akuntansi itu disiplin, teliti dan rapih karna untuk mendapatkan hasil akhirnya saja kita butuh beberapa proses kalau tidak disiplin dan teliti, satu saja proses ada yang ketinggalan pasti hasil akhirnya dinyatakan salah. Saya tau semua perusahaan pasti membutuhkan seorang akuntan untuk mengurusi keuangan perusahaan tersebut, terjadi untung atau rugi atau bahkan seimbang untung dan ruginya. Prospek kerja seorang akuntan itu sangat luas, semua perusahaan bahkan membutuhkan ahli akuntansi untuk menjaga perusahaan tersebut agar tidak  mengalami kerugian. Tapi yang saya lihat sekarang adalah bukan hanya orang yang sarjana ekonomi atau dia lulusan akuntansi dulunya yang bekerja dibidangnya, tetapi sekarang semua sarjana yang memiliki keahlian khusus, khususnya dibidang ekonomi pasti diterima diperusahaan walaupun bukan sarjana ekonomi. Artinya menurut saya adalah anak akuntansi bukan hanya sekedar kuliah terus belajar, copas tugas teman, dan melecehkan tugas yang diberi, tetapi harus juga memahami gimana caranya sampai ke proses akhir akuntansi, membaca soal yang diperintahkan, mengerti maksud dari semua proses pencatatan akuntansi kalau tidak itu yang kita lakukan mungkin lapangan pekerjaan seorang akuntan telah banyak diambil oleh yang bukan bidangnya. Mumpung masih semester awal, kita masih punya banyak waktu untuk melakukan yang terbaik, agar setelah mendapatkan gelar sarjana kita tidak dipandang sebelah mata oleh orang-orang sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar