FAKTOR-FAKTOR
YANG MENJADI PERTIMBANGAN MEMILIH BENTUK BADAN USAHA
a.
Modal yang diperlukan
Apabila badan
usaha yang akan didirikan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak, sebaiknya
dipilih badan usaha perorangan. Sebaliknya, apabila badan usaha yang didirikan
memerlukan modal dalam jumlah sangat besar, sebaiknya dipilih bentuk badan
usaha Perseroan Terbatas (PT). Pada badan usaha berbentuk PT Anda dapat
memperoleh modal dengan menjual saham kepada pihak lain.
b.
Bidang usaha/kegiatannya
Apabila badan
usaha yang akan didirikan berfokus pada kegiatan bidang perdagangan atau jasa,
sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun,
apabila badan usaha yang akan didirikan bergerak di bidang industri yang
membutuhkan modal besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT.
c.
Tingkat risiko yang dihadapi
Apabila badan
usaha yang akan didirikan mempunyai kemungkinan risiko kecil, sebaiknya dipilih
bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun apabila badan usaha
yang akan didirikan mempunyai resiko cukup besar, sebaiknya dipilih bentuk
badan usaha PT.
d.
Pihak-pihak
yang terlibat dalam kegiatan usaha
Agar usaha dapat terkordinir dengan baik. kita
menempatkan bagian-bagian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pihak-pihak
dalam perusahaan besar terdiri dari:
1.
Manajemen keuangan
a. Owner (pemilik)
b. Investor
c. Supplyer (Pemasok barang)
a. Owner (pemilik)
b. Investor
c. Supplyer (Pemasok barang)
2.
Manajemen SDM
3.
Mananjemen Produksi
4.
Manajemen Pemasaran
a. Promotion
b. Price
c. Place
a. Promotion
b. Price
c. Place
d. production
e.
Undang-undang dan peraturan pemerintah
Penentuan bentuk
badan usaha perlu disesuaikan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.
Kegiatan badan usaha tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan
peraturan pemerintah.
f.
Cara
pembagian keuntungan
Pembagian keuntungan adalah
salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk badan usaha.
Apabila mengharapkan keuntungan dapat dinikmati sendiri, sebaiknya dipilih
bentuk badan usaha perseorangan. Sebaliknya, apabila keuntungan ingin dinikmati
secara bersama-sama, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha persekutuan atau PT.
g.
Batas-batas
pertanggungjawabannya
Ada perusahaan yang menanggung semua resiko hanya
satu orang pemiliknya saja dan ada pula yang menanggung segala resikonya
bersama dan adapula yang batas-batas
pertanggungjawabannya tidak kelihatan karna seringnya pergantian pemegang saham
h.
Jangka
waktu pendirian perusahaan
i.
Besarnya
investasi yang ditanamkan
j.
Ruang
lingkup usaha
ALASAN MERUBAH BENTUK PERUSAHAAN PERORANGAN KE BENTUK
PERSEROAN TERBATAS
Alasan orang merubah bentuk
perusahaan perseorangan ke bentuk usaha perseroan terbatas (PT), karena
perusahaan perseorangan itu sangat berat bagi yang baru mulai berusaha, untung
dan rugi ditanggung sendiri bahkan modal pun itu pakai uang sendiri. Mengapa pada
beralih ke PT karena PT itu sangat fleksibelitas, PT membangun perusahaan
bersama, dan modal pun terasa ringan karena menanamkan modal bersama. Bahkan
jika terjadi masalah hukum dengan PT, itu bisa ditindak lanjutkan di pihak yang
berwajib.
Pada perusahaan perseroan terbatas(PT) kelangsungan
hidup perusahaan terjamin. Terbatasnya tanggungjawab sehingga tidak menimbulkan
resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik dan pula saham
dapat diperjualbelikan dengan relatif mudah serta kebutuhan modal lebih besar
akan mudah dipenuhi sehingga memungkinkan perluasaan usaha.
Karena sebab-sebab itulah masyarakat sekarang lebih
cenderung untuk memilih perusahaan perseroan terbatas(PT)
ALASAN MENGAPA BENTUK USAHA KOPERASI COCOK DENGAN
BENTUK USAHA RAKYAT INDONESIA
Bentuk perusahaan koperasi lebih cocok
untuk rakyat indonesia karna berlandaskan pancasila dan UUD’45 dan dilihat dari
tujuan koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan
masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka
mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur. Serta berlandaskan UU no. 25
tahun 1992 pasal 1, koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan seorang
atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya berdasarkan
prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang
berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi telah berhasil memperkrasai
organisasi-organisasi koperasi dan mengembangkan gerakan
koperasi, gagasannya dan mengembangkan struktur organisasi koperasi
tertentu terutama yang dapat diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan,
kepentingan-kepentingan khusus dan pada situasi nyata dari kelompok-kelompok
orang yang berbeda lingkungan ekonomis dan sosial budaya.
USAHA-USAHA YANG MAJU SAAT INI
Peluang bisnis online menguntungkan karena perkembangan internet
di Indonesia semakin pesat. Diiringi dengan perkembangan teknologi komunikasi
data yang semakin maju serta kompetisi antar penyedia layanan internet yang
makin ketat sehingga dalam konteks harga sudah semakin bisa terjangkau oleh
masyarakat luas. Aksesnya pun sudah tidak sebatas hanya pada komputer desktop
maupun laptop tapi sudah merambah hingga pada pemakai gadget telpon
pintar atau smartphone.
Kemudahan yang disebutkan diatas membuat banyak peluang yang bisa
dimanfaatkan secara luas oleh para pelaku bisnis. Salah satunya adalah sebagai
sarana penjualan yang murah dan cepat dengan jangkauan tak terbatas. Hal itu
bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha terutama sektor mikro, kecil, maupun
menengah sehingga bisa memangkas biaya pemasaran untuk promosi produk yang
mereka hasilkan.
Bisnis online juga bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan bagi semua
orang khususnya para ibu rumah tangga agar dapat menjadi alternatif
pemasukan keuangan rumah tangga tambahan. Kemampuan yang dimiliki oleh
masing-masing individu yang berasal dari hobi maupun bakat seharusnya
dimanfaatkan secara maksimal secara sederhana dengan memanfaatkan internet.
Produk jasa maupun barang ala rumahan seperti kerajinan, makanan kering,
konsultan, bimbingan belajar, bloging, dan lain-lainnya akan menjadi sebuah
bisnis yang besar dan menguntungkan jika jeli memanfaatkan media internet.
2.
Jasa Pemasaran Media Sosial
Ini masih ada kaitannya dengan bisnis online namun lebih spesifik
lagi pada ranah media sosial yang banyak bertebaran di jagad internet. Kita
bisa memanfaatkannya menjadi sebuah tempat pemasaran yang menarik bagi banyak
orang. Ini bisa dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan bagi anda yang memang
memiliki keahlian dalam bidang marketing. Pemasaran secara online memiliki
dampak yang luar biasa karena bisa menjangkau secara global dalam rentang waktu
pendek tanpa harus mengeluarkan biaya sangat besar layaknya sebuah pemasaran konvensional.
Tempatkan diri kita sebagai tenaga pemasaran yang handal guna mempromosikan
segala sesuatu di media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin,
Youtube, serta masih banyak lagi.
3.
Produk Kerajinan
Usaha kerajinan dari waktu ke waktu semakin
berkembang dengan bertambahnya variasi produk yang dihasilkan. Peminat produk
kerajinan tidak terbatas hanya pada pasar lokal saja tetapi sudah menjangkau
berbagai belahan dunia.
Kreatifitas dalam mengembangkan ide untuk mendapatkan inovasi
produk yang menarik perlu dilakukan oleh para pengrajin agar semakin menarik
minat konsumen. Pemanfaatan bahan baku juga salah satu ide yang menguntungkan
khususnya untuk produk daur ulang. Disekitar kita banyak sekali barang tak
terpakai yang seringnya menjadi limbah sampah. Melihat kondisi tersebut seharusnya
bisa menjadi sumber ide untuk menciptakan berbagai jenis barang-barang
kerajinan yang menarik dan berguna.
4.
Makanan Organik
Jenis produk makanan ini dihasilkan tanpa menggunakan bahan kimia
sintetis modern seperti pupuk, dan tidak melalui proses bahan kimia tambahan
pada tahapan pengemasan akhir. Kecenderungan saat ini jumlah orang yang peduli
dengan kualitas makanan yang mereka konsumsi semakin meningkat. Pertimbangan
soal keamanan makanan yang mereka konsumsi hingga kesehatan menjadi suatu
prioritas jaman sekarang.
Contoh sederhana pemanfaatan pekarangan atau kebun untuk menanam
tanaman sayuran dan buah-buahan dengan menggunakan pupuk alami. Selain itu juga
bisa digunakan untuk beternak ayam kampung yang bisa diambil daging dan
telurnya. Untuk produk bahan makanan pokok seperti beras organik juga bisa
dibudidayakan. Selain itu anda juga bisa membuka gerai, warung, atau toko yang
khusus menjual bahan-bahan makanan organik. Hal ini bisa dirintis sejak
sekarang karena peluang masa depan sangat menguntungkan.
5.
Pengembang Aplikasi Smartphone
Pengguna ponsel pintar atau smartphone terakhir ini sudah semakin
meningkat dibandingkan waktu sebelumnya. Dengan berbagai produk smartphone
berbasis android, iOS, Windows Phone, dan lainnya yang sudah semakin terjangkau
oleh banyak kalangan masyarakat maka ini menjadi suatu peluang bisnis yang
menarik sekaligus menguntungkan. Jasa pengembang aplikasi untuk ponsel akan
terus mengalami booming hingga tahun 2014. Jika kita memiliki kemampuan sebagai
seorang pengembang maupun marketing ini adalah saat yang tepat untuk
mengembangkan ide dan kreatifitas secara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang
besar.
6.
Usaha
elektronik dan otomotif
Telah banyak kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia
pada umunya paling hobi bergaya dengan barang-barang elektronik meski mereka
sendiri sama sekali tak mampu untuk membuatnya. Untuk itu, usaha di bidang
elektronik dan otomotif merupakan salah satu jenis usaha yang cukup laris di
Indonesia. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tak menghalangi minat
para konsumen di Indonesia untuk memilikinya.
Masyarakat indonesia memang paling suka bergaya dengan model handphone terbaru, laptop terbaru, motor terbaru, bahkan mobil baru bagi mereka yang sanggup membelinya. Tradisi inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka sebuah usaha bisnis tersebut.
Masyarakat indonesia memang paling suka bergaya dengan model handphone terbaru, laptop terbaru, motor terbaru, bahkan mobil baru bagi mereka yang sanggup membelinya. Tradisi inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka sebuah usaha bisnis tersebut.
7.
Usaha
fashion
Jenis usaha ini juga merupakan contoh usaha yang
cukup laris manis di Indonesia. Terlebih karena Indonesia merupakan negara
dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, maka fashion Muslim sejatinya
menjadi peluang bisnis yang cukup prospek di Indonesia. Produk-produk aksesoris
fashion seperti tas, dompet, sepatu, sendal dan sebagainya juga melengkapi
kebutuhan pakaian dan aneka pernak-perniknya. Usaha bisnis ini cukup potensial
dan laris manis dikembangkan di Indonesia mengingat sandang merupakan bagian
dari kebutuhan primer kedua yang harus dipenuhi setelah pangan.
Referensi:
NAMA KELOMPOK :
·
Hanifah Muhana (24214762)
·
Noviaryani Suherman (28214070)
·
Septi Eka Wulandari (2A214142)
·
Trida Aprilia (2A214869)
·
Yohana Fransiska Viani (2C214434)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar