Kamis, 06 November 2014

Bentuk Badan Usaha

FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MEMILIH BENTUK BADAN USAHA
a.        Modal yang diperlukan
Apabila badan usaha yang akan didirikan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak, sebaiknya dipilih badan usaha perorangan. Sebaliknya, apabila badan usaha yang didirikan memerlukan modal dalam jumlah sangat besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Pada badan usaha berbentuk PT Anda dapat memperoleh modal dengan menjual saham kepada pihak lain.
b.        Bidang usaha/kegiatannya
Apabila badan usaha yang akan didirikan berfokus pada kegiatan bidang perdagangan atau jasa, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun, apabila badan usaha yang akan didirikan bergerak di bidang industri yang membutuhkan modal besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT.
c.         Tingkat risiko yang dihadapi
Apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai kemungkinan risiko kecil, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai resiko cukup besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT.
d.        Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
Agar usaha dapat terkordinir dengan baik. kita menempatkan bagian-bagian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pihak-pihak dalam perusahaan besar terdiri dari:
1.      Manajemen keuangan
a. Owner (pemilik)
b. Investor
c. Supplyer (Pemasok barang)
2.      Manajemen SDM
3.      Mananjemen Produksi
4.      Manajemen Pemasaran
a. Promotion
b. Price
c. Place
d. production
e.         Undang-undang dan peraturan pemerintah
Penentuan bentuk badan usaha perlu disesuaikan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kegiatan badan usaha tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan peraturan pemerintah.
f.         Cara pembagian keuntungan
Pembagian keuntungan adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk badan usaha. Apabila mengharapkan keuntungan dapat dinikmati sendiri, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan. Sebaliknya, apabila keuntungan ingin dinikmati secara bersama-sama, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha persekutuan atau PT.
g.        Batas-batas pertanggungjawabannya
Ada perusahaan yang menanggung semua resiko hanya satu orang pemiliknya saja dan ada pula yang menanggung segala resikonya bersama dan adapula  yang batas-batas pertanggungjawabannya tidak kelihatan karna seringnya pergantian pemegang saham
h.        Jangka waktu pendirian perusahaan
i.          Besarnya investasi yang ditanamkan
j.          Ruang lingkup usaha

ALASAN MERUBAH BENTUK PERUSAHAAN PERORANGAN KE BENTUK PERSEROAN TERBATAS
Alasan orang merubah bentuk perusahaan perseorangan ke bentuk usaha perseroan terbatas (PT), karena perusahaan perseorangan itu sangat berat bagi yang baru mulai berusaha, untung dan rugi ditanggung sendiri bahkan modal pun itu pakai uang sendiri. Mengapa pada beralih ke PT karena PT itu sangat fleksibelitas, PT membangun perusahaan bersama, dan modal pun terasa ringan karena menanamkan modal bersama. Bahkan jika terjadi masalah hukum dengan PT, itu bisa ditindak lanjutkan di pihak yang berwajib.
Pada perusahaan perseroan terbatas(PT) kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Terbatasnya tanggungjawab sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik dan pula saham dapat diperjualbelikan dengan relatif mudah serta kebutuhan modal lebih besar akan mudah dipenuhi sehingga memungkinkan perluasaan usaha.
Karena sebab-sebab itulah masyarakat sekarang lebih cenderung untuk memilih perusahaan perseroan terbatas(PT)
ALASAN MENGAPA BENTUK USAHA KOPERASI COCOK DENGAN BENTUK USAHA RAKYAT INDONESIA
Bentuk perusahaan koperasi lebih cocok untuk rakyat indonesia karna berlandaskan pancasila dan UUD’45 dan dilihat dari tujuan koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur. Serta berlandaskan UU no. 25 tahun 1992 pasal 1, koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan seorang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi telah berhasil memperkrasai organisasi-organisasi koperasi dan mengembangkan gerakan koperasi,  gagasannya dan mengembangkan struktur organisasi koperasi tertentu terutama yang dapat diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan, kepentingan-kepentingan khusus dan pada situasi nyata dari kelompok-kelompok orang yang berbeda lingkungan ekonomis dan sosial budaya.
USAHA-USAHA YANG MAJU SAAT INI
1.        Bisnis Online
Peluang bisnis online menguntungkan karena perkembangan internet di Indonesia semakin pesat. Diiringi dengan perkembangan teknologi komunikasi data yang semakin maju serta kompetisi antar penyedia layanan internet yang makin ketat sehingga dalam konteks harga sudah semakin bisa terjangkau oleh masyarakat luas. Aksesnya pun sudah tidak sebatas hanya pada komputer desktop maupun  laptop tapi sudah merambah hingga pada pemakai gadget telpon pintar atau smartphone.
Kemudahan yang disebutkan diatas membuat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan secara luas oleh para pelaku bisnis. Salah satunya adalah sebagai sarana penjualan yang murah dan cepat dengan jangkauan tak terbatas. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha terutama sektor mikro, kecil, maupun menengah sehingga bisa memangkas biaya pemasaran untuk promosi produk yang mereka hasilkan.
Bisnis online juga bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan bagi semua orang khususnya para ibu rumah tangga agar dapat menjadi alternatif pemasukan keuangan rumah tangga tambahan. Kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing individu yang berasal dari hobi maupun bakat seharusnya dimanfaatkan secara maksimal secara sederhana dengan memanfaatkan internet. Produk jasa maupun barang ala rumahan seperti kerajinan, makanan kering, konsultan, bimbingan belajar, bloging, dan lain-lainnya akan menjadi sebuah bisnis yang besar dan menguntungkan jika jeli memanfaatkan media internet.
2.        Jasa Pemasaran Media Sosial
Ini masih ada kaitannya dengan bisnis online namun lebih spesifik lagi pada ranah media sosial yang banyak bertebaran di jagad internet. Kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah tempat pemasaran yang menarik bagi banyak orang. Ini bisa dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan bagi anda yang memang memiliki keahlian dalam bidang marketing. Pemasaran secara online memiliki dampak yang luar biasa karena bisa menjangkau secara global dalam rentang waktu pendek tanpa harus mengeluarkan biaya sangat besar layaknya sebuah pemasaran konvensional. Tempatkan diri kita sebagai tenaga pemasaran yang handal guna mempromosikan segala sesuatu di media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, Youtube, serta masih banyak lagi.
3.        Produk Kerajinan
Usaha kerajinan dari waktu ke waktu semakin berkembang dengan bertambahnya variasi produk yang dihasilkan. Peminat produk kerajinan tidak terbatas hanya pada pasar lokal saja tetapi sudah menjangkau berbagai belahan dunia.
Kreatifitas dalam mengembangkan ide untuk mendapatkan inovasi produk yang menarik perlu dilakukan oleh para pengrajin agar semakin menarik minat konsumen. Pemanfaatan bahan baku juga salah satu ide yang menguntungkan khususnya untuk produk daur ulang. Disekitar kita banyak sekali barang tak terpakai yang seringnya menjadi limbah sampah. Melihat kondisi tersebut seharusnya bisa menjadi sumber ide untuk menciptakan berbagai jenis barang-barang kerajinan yang menarik dan berguna.
4.        Makanan Organik
Jenis produk makanan ini dihasilkan tanpa menggunakan bahan kimia sintetis modern seperti pupuk, dan tidak melalui proses bahan kimia tambahan pada tahapan pengemasan akhir. Kecenderungan saat ini jumlah orang yang peduli dengan kualitas makanan yang mereka konsumsi semakin meningkat. Pertimbangan soal keamanan makanan yang mereka konsumsi hingga kesehatan menjadi suatu prioritas jaman sekarang.
Contoh sederhana pemanfaatan pekarangan atau kebun untuk menanam tanaman sayuran dan buah-buahan dengan menggunakan pupuk alami. Selain itu juga bisa digunakan untuk beternak ayam kampung yang bisa diambil daging dan telurnya. Untuk produk bahan makanan pokok seperti beras organik juga bisa dibudidayakan. Selain itu anda juga bisa membuka gerai, warung, atau toko yang khusus menjual bahan-bahan makanan organik. Hal ini bisa dirintis sejak sekarang karena peluang masa depan sangat menguntungkan.
5.        Pengembang Aplikasi Smartphone
Pengguna ponsel pintar atau smartphone terakhir ini sudah semakin meningkat dibandingkan waktu sebelumnya. Dengan berbagai produk smartphone berbasis android, iOS, Windows Phone, dan lainnya yang sudah semakin terjangkau oleh banyak kalangan masyarakat maka ini menjadi suatu peluang bisnis yang menarik sekaligus menguntungkan. Jasa pengembang aplikasi untuk ponsel akan terus mengalami booming hingga tahun 2014. Jika kita memiliki kemampuan sebagai seorang pengembang maupun marketing ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan ide dan kreatifitas secara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
6.        Usaha elektronik dan otomotif
Telah banyak kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia pada umunya paling hobi bergaya dengan barang-barang elektronik meski mereka sendiri sama sekali tak mampu untuk membuatnya. Untuk itu, usaha di bidang elektronik dan otomotif merupakan salah satu jenis usaha yang cukup laris di Indonesia. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tak menghalangi minat para konsumen di Indonesia untuk memilikinya.
Masyarakat indonesia memang paling suka bergaya dengan model handphone terbaru, laptop terbaru, motor terbaru, bahkan mobil baru bagi mereka yang sanggup membelinya. Tradisi inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka sebuah usaha bisnis tersebut.
7.        Usaha fashion
Jenis usaha ini juga merupakan contoh usaha yang cukup laris manis di Indonesia. Terlebih karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, maka fashion Muslim sejatinya menjadi peluang bisnis yang cukup prospek di Indonesia. Produk-produk aksesoris fashion seperti tas, dompet, sepatu, sendal dan sebagainya juga melengkapi kebutuhan pakaian dan aneka pernak-perniknya. Usaha bisnis ini cukup potensial dan laris manis dikembangkan di Indonesia mengingat sandang merupakan bagian dari kebutuhan primer kedua yang harus dipenuhi setelah pangan.
Referensi:
NAMA KELOMPOK :
·         Hanifah Muhana (24214762)
·         Noviaryani Suherman (28214070)
·         Septi Eka Wulandari (2A214142)
·         Trida Aprilia (2A214869)

·         Yohana Fransiska Viani (2C214434)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar